Universitas Brawijaya

Badan Penerbitan Jurnal Fakultas Teknik

BPJ FTUB Gelar Pelatihan Upgrading Jurnal OJS

10 - 01 - 2015 admin Berita, Kegiatan

bpj-poto-barengBadan Penerbitan Jurnal (BPJ) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) adalah unit yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan peningkatan riset dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika UB. Salah satu indikator penunjang kinerja riset yang terus ditingkatkan oleh BPJ FTUB adalah jurnal ilmiah. Badan Penerbitan Jurnal terus berupaya agar seluruh jurnal yang ada di FTUB mampu meraih akreditasi Nasional dan terindeks di database internasional besar seperti SCOPUS dan Thomson Reuters.

Open Journal System (OJS) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website. OJS meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, mulai dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archives, dan indeks jurnal. Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan UB, khususnya FTUB, BPJ mengadakan Pelatihan Upgrading Jurnal OJS pada hari Kamis, 8 Februari 2018.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Dekan FTUB, Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Gedung FTUB. BPJ merupakan tulang punggung FTUB sebagai institusi pendidikan, sehingga Dekan sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai lembaga yang pertama kali melaksanakan program kerjanya.

“Apapun penelitian atau kegiatan kita, tanpa dokumetasi takkan berpengaruh. Jurnal merupakan salah satu dokumentasi semua kegiatan kita. Oleh karena itu saya harap BPJ memiliki blueprint dari kondisi sekarang ini dan memiliki goal yang jelas untuk 5-10 tahun ke depan sehingga siapaun yang berada di BPJ ini nantinya bisa melanjutkan program yag sudah disusun,” ujar Dekan.

Ketua Pelaksana sekaligus Ketua BPJ FTUB, Dr. Eng. Riyanto Haribowo, ST., MT., juga mengungkapkan bahwa salah satu sarana untuk mempublikasikan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melalui jurnal yang diunggah dalam laman website resmi masing-masing jurnal.

“Selain untuk publikasi, pelatihan ini juga bertujuan untuk menyiapkan jurnal-jurnal terbitan FTUB dalam menghadapi akreditasi nasional dan selanjutnya terindeks dalam database internasional,” ungkap Dr.Eng Riyanto.

Diundang untuk memberikan materi pada acara siang ini adalah Rizki Trisnadi, ST., Koordinator Bidang Komunikasi Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ia memfokuskan paparan pada materi & teknik dasar pengelolaan jurnal OJS. Peserta yang terdiri dari Dosen dan staff yang bertanggung jawab dalam pengelolaan OJS di lingkungan FTUB ini juga diajak praktek secara langsung implementasi Fully Open Journal System yang nantinya di akhir kegiatan akan dievaluasi.

“Dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan sosialisasi mengenai pentingnya publikasi dan pelatihan mengenai open journal system yang baik kepada sivitas akademika dapat tercapai yang berdampak pada peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi jurnal FTUB,” harap Dr.Eng Riyanto. (mic)

 sumber : http://teknik.ub.ac.id/id/bpj-ftub-gelar-pelatihan-upgrading-jurnal-ojs/