Universitas Brawijaya

Badan Penerbitan Jurnal Fakultas Teknik

Coaching Clinic Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah oleh BPJ FT

10 - 01 - 2015 Henry A.W Berita

PesertaSebagai upaya meningkatkan publikasi karya ilmiah berskala Nasional dan Internasional, Badan Penerbitan Jurnal (BPJ)  Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) kembali mengadakan pelatihan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi para dosen serta perwakilan mahasiswa S2 dan S3 dari beberapa jurusan di FTUB.  Dengan total 36 peserta, kegiatan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 13 September 2018 ini diawali dengan sambutan ketua pelaksana, Juliananda, ST.,MT yang kemudian dibuka secara langsung oleh Ketua BPJ FTUB Dr. Eng. Riyanto Haribowo,ST.,MT. “Harapan kami setelah kegiatan ini minimal ada 30 paper yang siap di submit sehingga bisa meningkatkan publikasi dari FT” ujar Riyanto dalam sambutannya.

Prof.Ir. ING WardanaModerator pada coaching clinic kali ini  adalah Dadang Meru Utomo, ST.,MURP dengan materi pertama yaitu Persiapan Penulisan Paper oleh Prof. Ir. I.N.G Wardana,M.Eng.,Ph.D.  Prof Wardana menyampaikan bahwa goal perguruan tinggi di dunia adalah mencetak masyarakat yang memiliki 4C yaitu memiliki critical thinking, creative, collaborative dan communicative. Empat hal ini adalah kunci sebagai dasar dalam penulisan karya ilmiah.

Pemateri 3Pada bulan Agustus lalu, para peserta diharuskan mengirimkan draft jurnal sebagai bahan yang nantinya akan di review oleh Tim Ketahanan Jurnal Universitas Brawijaya. Selain memberikan review terkait jurnal yang telah dikirimkan peserta, Tim Ketahanan Jurnal UB juga memberikan materi antara lain Strategi Dalam Penulisan Agar Mudah Accepted dan Tutorial Memperbaiki Grammer & Plagiarisme Secara Otomatis oleh Prof. Muhaimin Rifa’i, S.Si.,Ph.D.,Med.Sc yang kemudian dilanjutkan dengan materi Tutorial Cara Memilih Publisher serta Tutorial Menghindari Jurnal Predator Dan Ciri-Cirinya oleh Didik H Utomo, M.Si

Coaching Clinic ini dibagi menjadi 3 sesi dan peserta juga diberikan waktu untuk praktik langsung penulisan karya ilmiah didampingi oleh para pemateri.

Peserta Praktek 2 Praktek peserta 1

Sumber : http://teknik.ub.ac.id/id/coaching-clinic-penulisan-dan-publikasi-karya-ilmiah-oleh-bpj-ft/