Universitas Brawijaya

Badan Penerbitan Jurnal Fakultas Teknik

Perkuat Jurnal, BPJ FTUB Menggelar Workshop Pengelolaan OJS

10 - 01 - 2015 admin Berita

Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan Fakultas Teknik UB, Badan Penerbitan Jurnal (BPJ) mengadakan Workshop Teknis Pengelolaan Open Journal System (OJS) pada Jurnal di Lingkungan FTUB pada hari Selasa, 10 September 2019.

BPJ merupakan unit yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan peningkatan riset dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika UB. Badan Penerbitan Jurnal terus berupaya agar seluruh jurnal yang ada di FTUB mampu meraih akreditasi Nasional dan terindeks di database internasional.

Open Journal System (OJS) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website. OJS meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, mulai dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archives, dan indeks jurnal.

Muhammad Nurjati Hidayat., ST., MT selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan bahwa workshop semacam ini sudah pernah dilakukan, namun pada pelaksanaannya masih kurang optimal, sehingga BPJ berinisiatif untuk memberikan penyegaran.

“Di beberapa jurusan saya rasa masih ada yang kesulitan dalam pengaplikasiannya, jadi kami sengaja menyelenggarakan workshop ini,” ungkapnya.

Ia juga menyatakan harapan BPJ, agar usai pelatihan ini para pengelola jurnal dapat lebih menyiapkan jurnal-jurnal terbitan FTUB dalam menghadapi akreditasi nasional dan selanjutnya terindeks dalam database internasional.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ir. Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Gedung FTUB. Ia menyatakan pentingnya kegiatan ini untuk pengelolaan jurnal ke depan.

Mengingat di FTUB ada 10 jurnal, dan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan jurnal internasional di masing-masing jurusan, maka peran pengelola jurnal sangat diperlukan.

“Selain menambah dan merefresh ilmu, acara ini juga merupakan merupakan ajang sharing pengalaman antar pengelola jurnal demi peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi jurnal di lingkungan FTUB,” harap Ir. Ishardita.

Diundang untuk memberikan materi, Rizki Trisnadi, ST., Koordinator Bidang Komunikasi Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Layaknya mengamini harapan Wakil Dekan I, ia memfokuskan materi siang itu pada sharing pengalaman antar pengelola selama pengaplikasian OJS, kesulitan apa yang dialami dan bagaimana solusinya. Peserta yang terdiri dari Dosen dan staff yang bertanggung jawab dalam pengelolaan OJS di lingkungan FTUB ini juga diajak praktek secara langsung implementasi OJS . (mic)