Universitas Brawijaya

Badan Penerbitan Jurnal Fakultas Teknik

Perkuat Jurnal FT, BPJ Gelar Persiapan Akreditasi Jurnal ARJUNA & SINTA

10 - 01 - 2015 admin Berita, Kegiatan

arjuna2Badan Penerbitan Jurnal (BPJ) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) selalu berupaya agar seluruh jurnal yang ada di FTUB mampu meraih akreditasi Nasional dan terindeks di database internasional besar seperti SCOPUS dan Thomson Reuters. Setelah meggelar Pelatihan Upgrading Jurnal OJS pada 8 Februari 2018 yang lalu, sekali lagi BPJ mengadakan workshop yang bertajuk Pelatihan Persiapan Akreditasi Jurnal ARJUNA dan SINTA.

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Gedung FTUB. Kegiatan ini mengundang seluruh Ketua Jurusan dan operator Jurnal di lingkungan FT-UB. Dalam sambutannya saat membuka acara Ishardita menyampaikan bahwa untuk mencapai visi FTUB untuk menjadi institusi yang unggul di Asia, salah satu tolak ukurnya adalah jurnal yang terakreditasi internasional.

Peran BPJ untuk menghidupkan kembali jurnal teknik yang pernah vakum sangat diapresiasi oleh pimpinan fakultas. Tak hanya menghidupkan kembali, tapi juga memberi pendampingan pada jurnal di tiap jurusan.

arjuna3“Mengelola jurnal itu cukup sulit, jadi dengan adanya pelatihan ini kita bisa belajar dari pengalaman tim ketahanan jurnal bagaimana caranya mengelola jurnal biar jadi jurnal yang unggul,” tukas Ishardita saat membuka acara pagi itu.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua BPJ, Dr. Eng. Riyanto Haribowo, ST., MT. Ia bertekad untuk membawa jurnal-jurnal yang ada di FT agar terakreditasi nasional dan bahkan terindex internasional. Untuk mencapai tujuan itu kerja keras pengelola jurnal dan support dari pimpinan sangat dibutuhkan.

arjuna4“Semoga kolaborasi antara jurusan dan pengelola jurnal bisa lebih baik, sehingga kedepan bisa mempercepat proses akreditasi. Diharapkan tahun 2019 minimal separo jurnal kita sudah terakreditasi. Mari kita kejar taget itu bersama-sama!” harap Riyanto Haribowo.

Pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi. Mengundang narasumber seorang pakar dan juga reviewer jurnal terakreditasi internasional, Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS., sesi pertama diisi dengan materi tentang Tip dan Trik Persiapan Akreditasi Jurnal (ARJUNA). Sedangkan di sesi kedua peserta diajak mengenal SINTA (Science and Technology Index) lebih dalam sekaligus praktik langsung tentang teknisnya dibimbing oleh salah satu tim Ketahanan Jurnal UB, Achmad Riyanto A.Md. (mic)

arjuna arjuna5

Sumber : http://teknik.ub.ac.id/id/perkuat-jurnal-ft-bpj-gelar-persiapan-akreditasi-jurnal-arjuna-sinta/